Transport Layer dan Session Layer

Assalamu'alaikum wr.wb
Pendahuluan
   Halo teman teman,hari ini saya akan memaparkan tentang OSI layer bagian Transport Layer dan Session Layer. Osi yang selanjutnya akan saya bahas di lain waktu.

Latar belakang
   Lebih memahami tentang osi layer. Kita harus memahami ke 7 osi layer tersebut yaitu pyshical, data link, network, transport, session, presentation, application. namun yang saya bahas kali ini adalah Transport Layer dan Session Layer.

Maksud dan tujuan
   Memahami dan mengerti apa itu Osi Layer

Pengertian
   OSI kependekan dari Open System Interconnection adalah sebuah model referensi arsitektur antar muka jaringan yang di kembangkan oleh ISO (Organisasi Internasional untuk Standarisasi) yang kemudian menjadi konsep standard komunikasi jaringan di hampir semua perangkat jaringan.

Pembahasan

Transport Layer dan Session Layer

https://cdn-images-1.medium.com/max/1200/1*rJz9MQIoEhZFEgQN6Gw5rg.png 

Transport Layer (Lapisan Transpor)
    Lapisan transpor atau transport layer adalah sebuah lapisan transportasi. Transport layer ini dapat menggabungkan beberapa koneksi transport ke dalam jaringan koneksi yang sama. Transport Layer bertanggung jawab untuk menyampaikan data ke proses aplikasi yang sesuai pada komputer host.
Lapisan transpor bertanggung jawab untuk menyediakan layanan-layanan yang dapat diandalkan kepada protokol-protokol yang terletak di atasnya.
 Layanan yang dimaksud antara lain: 
  1. Mengatur alur (flow control) untuk menjamin bahwa perangkat yang mentransmisikan data tidak mengirimkan lebih banyak data daripada yang dapat ditangani oleh perangkat yang menerimanya.
  2. Mengurutkan paket (packet sequencing), yang dilakukan untuk mengubah data yang hendak dikirimkan menjadi segmen-segmen data (proses ini disebut dengan proses segmentasi/segmentation), dan tentunya memiliki fitur untuk menyusunnya kembali.
  3. Penanganan kesalahan dan fitur acknowledgment untuk menjamin bahwa data telah dikirimkan dengan benar dan akan dikirimkan lagi ketika memang data tidak sampai ke tujuan.
  4. Multiplexing, yang dapat digunakan untuk menggabungkan data dari bebeberapa sumber untuk mengirimkannya melalui satu jalur data saja.
  5. Pembentukan sirkuit virtual, yang dilakukan dalam rangka membuat sesi koneksi antara dua node yang hendak berkomunikasi.
Contoh protokol yang bekerja pada lapisan transport adalah TCP, UDP yang tersedia dari kumpulan protokol TCP/IP

Session layer
     Session layer jaringan komputer merupakan layer atau lapisan kelima dari keseluruhan lapisan OSI layer pada saat user menerima data dari sebuah jaringan, dan bertindak sebagai layer atau lapisan ketiga ketika terjadi pengiriman sebuah koneksi atau paket data (peran sebagai transmitter).

Session layer jaringan komputer sendiri secara teoritis merupakan sebuah layer atau lapisan yang terdapat pada OSI Layer Reference Model yang bertugas untuk mengendalikan dialog – dialog yang terjadi antar node. Selain itu, lapisan atau session layer ini merupakan bagian dari lapisan yang bertugas untuk melakukan management dari sebuah koneksi, serta mendefinisikan bagaimana sebuah koneksi dapat dibangun.
  Fungsi Session Layer antara lain:
  1.  Melakukan komunikasi pada sebuah jaringan
  2. Pembentukan hubungan
  3. Pemindahan dan pertukaran data
  4. Pemutusan hubungan di dalam sebuah jaringan
 Jenis Komunikasi Pada Session Layer
1. Simplex (komunikasi satu arah)
2. Half Duplex (komunikasi dua arah secara bergantian)
3. Full Duplex (komunikasi dua arah secara bersamaan)

Penutup
   Sekian yang bisa saya bahas untuk kali ini semoga bermanfaat. selanjutnya saya akan membahas layer Presentation dan Layer Aplication wassalamu'alaikum wr.wb

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Lapisan_transpor 
https://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/session-layer-jaringan-komputer
http://imdi15.blogspot.com/2013/11/network-layer_1905.html

Post a Comment

0 Comments