Pyshical Layer, Data link Layer, dan Network Layer

    Assalamu'alaikum wr.wb

Pendahuluan
   Halo teman teman,hari ini saya akan memaparkan tentang OSI layer bagian Pyshical layer, data link layer, dan Network layer. Osi yang selanjutnya akan saya bahas di lain waktu.

Latar belakang
   Lebih memahami tentang osi layer. Kita harus memahami ke 7 osi layer tersebut yaitu pyshical, data link, network, transport, session, presentation, application. namun yang saya bahas kali ini adalah layer phshical, data link, dan network terlebih dahulu.

Maksud dan tujuan
   Memahami dan mengerti apa itu Osi Layer

Pengertian
   OSI kependekan dari Open System Interconnection adalah sebuah model referensi arsitektur antar muka jaringan yang di kembangkan oleh ISO (Organisasi Internasional untuk Standarisasi) yang kemudian menjadi konsep standard komunikasi jaringan di hampir semua perangkat jaringan.

Pembahasan

Pyshical Layer, Data link Layer, dan Network Layer

https://www.lifewire.com/thmb/OY1lnnhR6g5bNqEqwUYyFyvEXRs=/768x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/Osi-model-jb.svg-57f7b9af3df78c690f6305e8.png 
1. Pyshical Layer
   Lapisan fisik ini Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio. 

Fungsi lain dari physical layer yaitu:
1.Physical layer menentukan kebutuhan listrik, prosedural dan fungsional dari jaringan komputer.
2.Physical layer mampu untuk berkomunikasi secara langsung dengan berbagai jenis media transmisi.
3.Dapat melakukan proses penonaktifan hubungan fisik antar sistem.
4.Melakukan proses pemindahan bit antar device atau alat.

Contoh perangkat yang terdapat pada physical layer
1. Network Interface Card (NIC)
2. Hub
3. Server dan Client
4. Media transmisi kabel dan konektor seperti RJ45

2. Data Link
   Data link adalah lapisan yang akan melakukan transmisi data antara perangkat-perangkat jaringan yang saling berdekatan di dalam sebuah wide area network (WAN), atau antara node di dalam sebuah segmen local area network (LAN) yang sama. Lapisan ini bertanggungjawab dalam membuat frame, flow control, koreksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal.
Contoh perangkatnya :
1. Bridge
2. Switch layer 2
3. Repeater

3. Network
    Lapisan yang mengandung sistem logika yang sangat erat kaitannya dengan proses transmisi data karena menghubungkan komputer ke berbagai jaringan komputer yang ada. 
Contoh protocol yang tergolong dalam routing protocol antara lain RIP, IGRP, OSPF, dan sebagainya.

Beberapa contoh protocol yang bekerja di Network Layer :
1. DDP (Delivery Datagram Protol), merupakan protocol transport yang biasa digunakan oleh jaringan computer Apple.
2. IP (Internet Protocol ), bagian dari protocol TCP / IP yang menyediakan informasi routing dan system pengalamatan logika.
3.IPX (Internetwork Packet eXchange) dan NWlink merupakan protocol yang disediakan oleh system operasi Netware yang dibuat oleh Novell, digunakan untuk routing packet.
3. NetBEUI dibangun oleh IBM dan Microsoft, menyediakan layanan transport untuk NetBIOS.

Network layer bertanggung jawab untuk :
1. Melakukan mekanisme routing melelaui internetwork. Router merupakan device yang berfungsi membawa trafik antar host yang terletak dalam network yang berbeda.
2. Mengelola sistem pengalamatan logika terhadap jaringan computer.

Penutup
   Sekian yang bisa saya bahas untuk kali ini semoga bermanfaat. selanjutnya saya akan membahas layer transport, session, presentation, dan application
wassalamu'alaikum wr.wb

Post a Comment

0 Comments