Perintah Dasar Linux

Assalamualaikum Wr.Wb
Pendahuluan
    Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang perintah dasar linux yang saya tau atau yang saya ingat. Mungkin sebagian dari kalian tidak mengetahui perintah-perintah linux di terminal.

Maksud dan Tujuan
   1.Mengetahui perintah-perintah linux (Walau tidak semua).
   2.Mengetahui kegunaan perintah tersebut.

Tujuan
   Supaya lebih mengerti perintah dasar linux dan memahaminya.

Alat dan Bahan
   1. Laptop

Pembahasan
   Perintah (Command) ini sangat berguna bagi para pemula yang baru saja memakai linux.

Berikut ini perintah-perintah linux
1. sudo su
   Digunakan untuk login sebagai root/pengguna tertinggi

Sesudah memberi perintah sudo su maka kalian akan disuruh memasukan password, masukan saja password kalian. Jika sudah masuk sebagai root maka tandanya dari dolar ($) berubah menjadi pagar (#).
2. pwd
   Digunakan untuk memperlihatkan di direktori mana posisi kita berada sekarang.
/home/mahir tandanya saya sedang berada di direktori mahir. jika /home/mahir/Documents tandanya saya sedang berada di direktori dokumen.
3. cd
   Digunakan untuk berpindah direktori.

sebelumnya saya cek dahulu dengan perintah "pwd" untuk melihat sedang berada di direktori manakah saya, disitu pertama saya sedang di direktori mahir, lalu saya ketik perintah "cd Document", dan saya cek lagi dengan perintah "pwd", hasilnya saya sudah masuk direktori Documents

4. ls
    Gunakan command “Is” untuk mengetahui file apa saja yang ada pada directory yang sedang kita buka
 disitu saya masuk direktori dokumen terlebih dahulu dengan perintah "cd Documents", setelah itu saya kasih perintah "ls". Itu adalah isi dari direktori dokumen saya.

5. mkdir
Digunakan untuk membuat folder baru.

sebelum membuat direktori baru saya melihat isi dari direktori tersebut dengan perintah "ls", dan kemudian saya buat direktori baru dengan mengetikan perintah "mkdir linux". dan akan terbuat sebuah direktori baru yang bernama linux.

6. rmdir
   digunakan untuk menghapus folder. nah saya akan mencoba menghapus direktori yang baru saja saya buat tadi yaitu direktori linux.
sebelum saya menghapus folder linux tersebut saya mengeceknya terlebih dahulu dengan perintah "ls". lalu saya hapus folder tersebut dengan perintah "rmdir linux/" lalu saya enter. setelah itu saya cek lagi dengan perintah "ls", dan folder linux tersebut sudah tidak ada.

7. touch
Digunakan untuk membuat file baru. nah tadi kan membuat direktori ya? sekarang kita buat file.
Sebelum saya buat file baru alangkah baiknya kita cek dahulu isi direktori tersebut. setelah itu baru kita buat file baru degan perintah "touch", sekarang saya mau membuat file linux.txt maka perintahnya adalah "touch linux.txt", setelah itu kita cek saja direktorinya apakah sudah ada file linux.txt atau belum yaitu dengan perintah "ls".

8. rm
   Untuk menghapus file. Saya akan menghapus file yang baru saya buat tadi yaitu linux.txt.
Saya cek terlebih dahulu filenya. setelah itu saya menghapus file tersebut dengan perintah "rm nama_file" saya kan mau hapus file linux.txt, maka saya ketikan perintah "rm linux.txt.

9. history
   Berfungsi untuk menampilkan riwayat-riwayat perintah yang baru saja digunakan sebelumnya. 
 10. clear
   Untuk membersihkan layar terminal.
11. exit
   Berfungsi untuk keluar dari user atau keluar dari aplikasi terminal



Kesimpulan
    Dengan mempelajari perintah dasar linux dapat memudahkan serta membiasakan dalam mengoperasikan linux melalui terminal (command line interface).

Penutup
   Untuk saat ini hanya itu yang saya tau dan mengerti. mungkin masih banyak banget perintah dasar linux yang lain. Jika ada kesalahan kalimat mohon dimaafkan.

Referensi
   https://medium.com/@sigitghoticmetal2001/perintah-dasar-linux-dan-fungsinya-5c269b729b1e

Post a Comment

0 Comments