Pengenalan TKJ dan 7 Layer OSI

Pengenalan TKJ dan 7 Layer OSI


https://yt3.ggpht.com/a-/AN66SAxan1-6HLihhmeGfZIdGIybnSvinHD3VOy1WQ=s900-mo-c-c0xffffffff-rj-k-no

1. Pendahuluan 

pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu TKJ dan fungsi 7 layer OSI. ilmu ini saya dapat di BLC TELKOM disaat saya sedang sharing dengan teman teman baru saya yang sudah duluan PKL di BLC TELKOM

2. Latar Belakang

di era Teknologi seperti saat ini banyak orang yang hanya tahu istilah TKJ tanpa tahu arti yang sebenarnya

3. maksud dan tujuan

memberikan pemahaman tentang istilah TKJ dan fungsi 7 OSI layer

 4. hasil yang diharapkan

agar dapat lebih memahami istilah TKJ dan 7 layer OSI

5. waktu yang di butuhkan 

2-3 jam

6. Pembahasan

A. pengenalan TKJ

4. Pembahasan

Pengertian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

Teknik komputer dan jaringan merupakan ilmu berbasis teknologi informasi dan
komunikasi terkait kemampuan algoritma dan pemrograman komputer, perakitan komputer,perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak dan internet.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan.

Jaringan (Network) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan

  OSI Layer

  standar komunikasi yang diterapkan didalam jaringan komputer. Standa itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan.

fungsi 7 layer OSI

   7.Application Layer
      Lapisan ini menjelaskan spesifikasi untuk lingkup di mana aplikasi jaringan berkomunikas dengan layanan jaringan. Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e-mail, dan sevice lain yang di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya.

   6. Presentasion layer
    Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.

   5.Session layer 
       Berfungis untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. 

   4.Transport layer
     Berfungsi memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu pada level ini juga membuat tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgment), serta mentrasmisikan ualng paket-paket yang hilang di tengah jalan.

  3.Network layer
     Lapisan ini berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3 .

   2.Data-link layer
    Lapisan ini berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu pada level ini juga terjadi koreksi error, floe control, pengalamatan hardware, dan menentukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, switch.
  
  1.Physical layer 
      Lapisan ini berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan pengkabelan. Selain itu pada level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

  7. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_komputer_dan_jaringan
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI

sekian ilmu yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments