Latihan 2 STI

 QUIZ 1

1. DARI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI  

INFORMASI YANG ADA MENGARAH PADA SISTEM KOMPUTER, SEBUATKAN 3   CONTOHNYA ?

2. SEBUTKAN INSTITUSI/PROVAIDER YANG TERKAIT ?

3. JELASKAN KETIGA CONTOH TERSEBUT 

    DARI SEGI DATA HINGGA MENJADI 

    INFORMASI ?

4. JELASKAN KETERKAITANNYA DENGAN KOMUNIKASI SERTA EFEKNYA?

JAWABAN QUIZ 1

1.      a.Handphone

 Perusahaan/Institusi yang mengeluarkan antara lain : Nokia, Sony Ericsson, Motorola, Samsung,          LG, BenQ, Simens, I-Mate, Maxtron, Philips, Alcatel, HP,Qtek,K-Touch,Amoi,Sagem,Mitae,          Blackberry, Apple, Asus

b.Fingerpoint  ( Absensi Elektronik )

Perusahaan yang mengeluarkan antaralain : Keico, Finger, Hitachi, dll.

c.camera DLSR ( Digital Single Lens Reflector )

Perusahaan yang mengeluarkan produk ini antaralain : Canon, Sony, Nikon, Panasonic, dll.

2.     2.  -Institusi yang berkaitan dengan pengguna CCTV

·         Sekolah

·         Bank

·         Kepolisian

·         Pabrik industri

·         Kantor pemerintah

·         Rumah sakit

-Provaider  yang terkait dengan pengguna smartphone

·         XL

·         Indosat

·         Axis

·         Telkomsel

-Provaider  yang terkait dengan pengguna fingerprint

·         Sekolah

·         Kantor pemerintah/ wisata

·         Unniversitas

 

3.    3.   - CCTV ( Closed Circuit Television )

CCTV yaitu mengirimkan sinyal secara tertutup melalui melalui wireless ataupun kabel. Sehingga kita mendapatkan informasi dari hasil rekaman CCTV bisa secara langsung atau melihat ulang hasil rekaman.

 

-  Smartphone

Dengan smarphone kita dapat mendapatkan banyak informasi secara cepat dengan  Melalui telpon, sms, dan medsos.

 

-   Fingerprint ( Absensi elektronik )

Fingerprint bekerja dengan merekam sidik jari seseorang, lalu menyimpan pola cadanagan. Identifikasi yang dilakukan dengan mencocokkan data yang telah tersimpan tersebut. Jika dinyatakan sama, akses otomatis terbuka. Dengan seperti itu informasi yang diinginkan dari sidik jari orang tersebut.

 

4.    4.   Keterkaitan dengan komunikasi:

· CCTV sangat penting bagi pengguna, dengan pemasangan CCTV pengawasan toko/ rumah menjadi lebih mudah dan modern

·  Smarphone menjadi alat komunikasi sehinggah dapat lebih mudah untuk berkomunikasi jarak jauh ataupun dekat, dengan smartphone kita dapat mengirim foto, video, sms, mengirim file, video call secara cepat dan mudah.

· Fingerprint bekerja melalui sidik jari, adanya fingerprint dapat membuat data anda menjadi lebih aman karna hanya orang yang punya sidik jari tersebut yang dapat mengakses datanya.

Efek 

·  CCTV

Dengan CCTV kita dapat mencegah terjadinya kriminalitas dan dapat sebagai bukti jika ada keriminalitas atau pencurian.

·  Smartphone

Smarphone juga menjadi alat paling mudahuntuk mendapatkan informasi digoogle, sosmed, dan dapat berkomunikasi dengan cepat melalui sms,telpon, videocall

·  Fingerprint

Membuat data lebih aman karna hanya orang yang punya sedik jari yang dapat mengakses data tersebut.

 

 

 

QUIZ 2

1. Jelaskan dengan selengkap-lengkapnya bagian-bagian (nama-nama hardware dan software),

2. Kegunaan masing-masing bagian system komputer

3. Berikan contoh cara penyebaran informasi dengan SELURUH nama-nama perangkat yang digunakan dan kegunaan masing-masing perangkat

 

JAWABAN QUIZ 2

1.   1.   - Komponen Hardware

Central Processing Unit(CPU)

Media Penyimpanan atau Memory

Input Device (Peralatan Input)

Output Device (Peralatan Output)

Communication Device (Peralatan Komunikasi)

-   Komponen Software

Sistem Operasi

Sistem Perangkat Lunak

Jenis Aplikasi Perangkat Lunak

Permasalahan Software

Bahasa Pemograman

2.    2.   - Central Processing Unit (CPU)
CPU atau Central Processing Unit adalah otak dari sistem komputer, unit ini bertanggung jawab atas semua kegiatan yang terjadi didalam komputer. CPU berfungsi sebagai pusat pengelolah data dan mengontrol segala perangkat internal maupun yang eksternal yang terhubung pada komputer

-          Input Unit
Sebuah data atau instruksi harus di input terlebih dahulu sebelum diolah menjadi informasi yang seperti kita inginkan, oleh karena itu dibutuhkan sebuah unit input yang menjadi sebuah gerbang untuk data yang dari dunia luar masuk ke dalam sistem komputer. Bentuk-bentuk data yang telah diinput akan dikonversi menjadi kode binary sehingga dapat dibaca oleh memori utama. Tentulah bentuk data pada tiap perangkat input berbeda-beda. Misalnya pada perangkat keyboard, bentuk data yang dihasilkan adalah sebuah huruf atau angka, berbeda dengan perangkat input mouse.

-          Output Unit
Output unit memiliki fungsi yang berkebalikan dengan Input unit. Jika pada input unit data yang dari luar dimasukkan ke dalam sistem komputer, maka output unit sebaliknya. Output Unit menghasilkan sebuah informasi atau data yang merupakan hasil dari pemrosesan pada sistem komputer. Data yang dihasilkan dapat berupa sebuah infromasi, gambar, suara atau video.

-          Storage Unit
Data atau instruksi yang telah diinput pada sistem komputer melalui unit input terlebih dahulu di simpan pada unit stroge sebelum benar-benar diproses. Begitupula dengan hasil data yang telah di proses, data tersebut terlebih dahulu disimpan pada unit storage sebelum dipindahkan pada unit output.

-          System Software
System Software adalah kategori untuk software yang mengatur dan mengontrol komponen hardware pada komputer yang mana memungkinkan terjadinya interaksi antara hardware dengan tipe software lainnya. Salah satu contoh dari System Software adalah sistem operasi komputer namun driver pada sebuah device juga dapat digolongkan dalam kategori ini.

-          Utility Software
Utility Software adalah kategori untuk software yang menjaga dan melindungi sistem komputer namun tidak berhadapan lansung dengan hardware. Contoh software yang termasuk dalam kategori Utility Software adalah software anti-virus, disk defragmenter dan lainnya.

-          Application Software
Application software adalah kategori untuk software yang digunakan oleh user untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu. Contoh software yang termasuk dalam kategori Application Software adalah  software office, game dan lainnya.

 

3.   3.   Contoh penyebaran informasi Kasus Pembunuhan Di Media Sosial

Perangkat yang digunakan :

1.      Kamera untuk memotret kejadian.

2.      Hp untuk merekam kesaksian .

3.      Keyboard untuk menulis data-data yang meliputi terjadinya kasus pembunuhan.

4.      Mouse sebagai pointing device.

5.      Cpu untuk menjalankan semua sistem komputer.

6.      Memory untuk menyimpan data-data yang telah dibuat.

7.      Monitor sebagai alat untuk menampilkan informasi yang telah kita tulis tadi.

8.      Windows sebagai sistem operasi.

9.      Ms.Word sebagai aplikasi untuk menulis kejadian.

10.   Jaringan Internet untuk menyebar luaskan berita tersebut.

 

Post a Comment

0 Comments