Membuat Program Formater USB Disk Sederhana Dengan Bash

PENDAHULUAN
Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan membahas tentang program usb disk formater sederhana yang saya buat ,

PENGERTIAN
USB disk formater di gunakan untuk memformat usb dan biasanya pada linux lebih ampuh dalam memformat usb yang error.

LATAR BEAKANG
Dalam linux biasanya program usb formater nya berbeda beda dan malah ada yang tidak memiliki program formater nya sendiri dan harus menggunakan terminal, dan program yang saya buat berbasis coman yang saya satukan sehingga dapat memudahkan pemformatan dalam mode CLI.

ALAT DAN BAHAN
Laptop
USB disk korban
Text editor

LAMA PENGERJAAN
5-10 Menit

TAHAP PELAKSANAAN
Pertama disini saya mengedit nya menggunakan sublime text contoh program saya seperti ini :
USB disk korban
Text editor

LAMA PENGERJAAN
5-10 Menit

TAHAP PELAKSANAAN
Pertama disini saya mengedit nya menggunakan sublime text contoh program saya seperti ini :

Setelahnya save file anda, dan jangan lupa di chmod 777 atau 755 file anda agar bisa di jalan kan seteah di chmod coba di jalan kan file anda dengan perintah ./[namafile] , contoh nama file saya "format" maka akan saya jalankan dengan perintah ./format , jangan lupa masuk root mode nanti tampilan nya akan seperti ini :



Nah setelah itu masukan lokasi disk nya contoh saya mencolokan 1 usb disk di laptop saya, maka secara default akan muncul sebagai sdb dan bila anda tidak yakin bisa mengecek nya dengan perintah "fdisk -l" atau "df -Th" di terminal
fdisk -l :
 

df -Th

Nah contoh mengisinya seperti ini : /dev/sdb1

Setelah itu anda akan di suruh memilih format usb nya "1 untuk ntfs, 2 untuk fat"

Saya juga sudah mengupload file saya di github dengan link di bawah :
https://github.com/WibuSec/USB-DISK-FORMATTED/tree/master

PENUTUP
  Itu saja yang bisa saya share untuk kalian. Semoga bermanfaat dan jika ada kesalahan ketikan mohon dimaafkan.

REFERENSI
https://linux.die.net
https://linux.die.net/man/8/mkfs.ntfs

Post a Comment

0 Comments