Pengenalan Aplikasi LAMP

assalamualaikum Wr.Wb

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFJ7y2vPga0QePBQnASRj9_pHNq13hSNPhHXybgDg78DHPi1ziJ6VoEJTB2M-bhoq41WspDEwo2zjztaOPLdeI2vNYMDT7GXBUPJl6Vn9yU33inOoL031k7XKRwCq-BzyC9AMAB6fEsJYo/s1600/lampp.jpg
Pendahuluan
Assalamu'alaikum wr wb
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang pengenalan Xampp, langsung saja kita bahas.

Pengertian
LAMP adalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, apache,MySQL dan Perl/PHP/Python yang merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang  digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.


Latar BelakangMembagi pengetahuan tentang pengenalan LAMP

Maksud dan Tujuan
Agar penulis dan pembaca dapat mengetahui tentang LAMP

Alat dan Bahan
Laptop / PC

Waktu Pelaksanaan
30 Menit

Pembahasan


Apa itu LAMP ?
   LAMP adalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, apache,MySQL dan Perl/PHP/Python yang merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang  digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.

Komponen-komponen dari LAMP yaitu
1. Linux sebagai sistem operasinya
2. Apache HTTP Server sebagai web server
3. MariaDB atau MySQL sebagai sistem basis data (database)
4. PHP atau Perl atau Python sebagai bahasa pemrogramana yang dipakai

Linux adalah sistem operasi bertype Unix yang merupakan salah satucontoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka (open source), sehingga siapa saja dapat dengan bebas memodifikasi source code nya.

Apache adalah server web yang dapat dijlankan di banyak sistem operasi seperti ( Linux, Windows, BSD dan platform lainnya.) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web.

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (database) yang di distribusikan secara gratis dibawah lisensi GNU General Public Lisense (GPL), sedangkan MariaDB merupakan versi pengembangan terbuka dan mandiri dari MySQL.

PhpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui World Wide Web (WWW). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL.

Kesimpulan
Untuk membangun sebuah webserver salah satunya yaitu menggunakan aplikasi LAMP ini, kelebihannya yaitu sangat kompleks karena sudah terdapat banyak program dalam 1 aplikasi.

Penutup
Sekian dari saya yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr wb

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/LAMP

Post a Comment

0 Comments